Thursday 31 July 2014

contoh karya tulis atau paper SMA tentang manfaat telur dalam kehidupan sehari hari


MANFAAT TELUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
BAB I
PENDAHULUAN
1.Latar belakang
          Telur tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita ,bahkan seringkali kita mengkonsumsi nya untuk di jadikan makanan pokok sehari-hari ,membuat kue,atau pun untuk campuran bahan bahan lain nya untuk membuat makanan .Semua bagian Telur sangat bermanfaat dan berguna ,seperti cangkang telur yang dapat di jadikan sebagai kerajinan tangan .

Dalam telur terkandung berbagai macam zat gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A, B, D, E, zinc, serta fosfor terkandung dalam telur. Lemak yang terkandung dalam telur tidak sebesar yang ada dalam jenis protein nilainnya seperti daging ayam, sapi, bebek, dll.Hal ini membuat telur baik bagi seseorang yang membutuhkan protein tinggi tetapi harus rendah lemak.Selain itu harga telur yang relative murah menjadikan telur sebagai sumber protein yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.Umumnya anak-anak lebih suka putih telur disbanding kuning telur karena citarasanya.Namun, bagi para orangtua tidak perlu khawatir karena kandungan putih telur juga memberikan banyak manfaat.Selain untuk di konsumsi ,putih telur juga dapat di jadikan sebagai masker wajah
Masker putih telur berguna untuk :
Menyingkirkan kelebihan minyak di wajah.Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin E yang memang dikenal luas mampu mengatasi kelebihan minyak di wajah.Manfaat masker putih telur selanjutnya adalah untuk mengusir jerawat di wajah. Hal ini terkait dengan kandungan asam amino pada putih telur yang tinggi.yang mampu meringankan peradangan jerawat pada kulit wajah Anda.
Meringkaspori-pori.
Manfaat masker putih telur lainnya adalah untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan luka pada kulit karena terbakar. Protein bias membantu tumbuhnya jaringan sel baru pada kulit yang luka sehingga proses pemulihannya jauh lebih cepat. Pada kulit normal pun, protein juga bias membantu regenerasi kulit. Caranya mudah cukup campurkan masker putih telur dengan madu organic dan juga air lemon. Aplikasikan di wajah Anda.Selain baik bagi kulit, ternyata manfaat masker putih telur ini juga nyata pada rambut. JikaAnda ingin rambut yang lembut dan mudah ditata, gunakanlah masker putihtelur. Kandungan protein pada telur akan membuat mahkota Anda lebih kuat plus mudah diatur, tidak gampang lepek dan juga sehat. Selain itu, protein yang ada pada putih telur akan membantu menguatkan akar rambut sehingga rambut rontok bias diatasi. Demikian halnya Anda yang diserang ketombe, menggunakan masker putih telur sesering mungkin akan mengatasi keluhan Anda.
Manfaat masker putih telur yang terakhir adalah untuk melenyapkan lingkar hitam di bawah mata Anda. Biasanya lingkar hitam ini disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat dan mata yang kelelahan. Untuk mengatasi hal ini Anda bias menggunakan masker putih telur yang ditambah dengan potongan tipis mentimun. Aplikasikan di mata kurang lebih 30 menit setiap hari dan lihathasil.
2.Rumusan masalah:
1.bagaimana cara mengolah putih telur sebagai masker ?
2.apa saja manfaat telur di kehidupan sehari hari ?
3.bagaimana cara mengolah telur yang baik?
3.ruang lingkup :
1.cara mengolah putih telur sebagai masker
2.manfaat telur di kehidupan sehari-hari
3. cara mengolah telur yang baik.
4.Tujuan penulisan :
Karya tulis ini dibuat ,supaya si pembaca dapat mengetahui apa manfaat yang dapat dihasilkan oleh telur ,dan pembaca dapat menerapkan nya di kehidupan sehari-hari.

5.Manfaat penulisan :
5.1 supaya pembaca dapat memahami apa yang ditulis si penulis
5.2 menambah wawasan si pembaca
5.3 melatih si penulis ,supaya terlatih membuat karya tulis

6.metedologi:
6.1 metode penulisan
6.1.1 persuausi
Karya tulis ini dibuat dengan metode penulisan persuasi ,karena isi di dalam uraian karya tulis diatas yaitu mengajak si pembaca supaya dapat mengetahui manfaat telur dan dapat menggunakan nya dalam kehidupan sehari-hari.
6.1.2 eksposisi
Karya tulis ini di buat berdasarkan pendapat si penulis ,supaya si pembaca dapat memperluas wawasan si pembaca .

6.2 metode pendataan :
6.2.1 internet
karya tulis ini di buat berdasarkan metode pendataan melalaui internet.







BAB II
LANDASAN TEORI
Mayoritas orang sangat menyukai telur. Seringkali, telur dapat ditemukan dalam berbagai masakan. Telur sendiri terbagi menjadi dua yakni putih telur dan kuning telur. Keduanya memiliki manfaatnya sendiri.Pembahasan ini akan difokuskan pada putih telurnya yang konon memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.
Putih telur sendiri memang sudah dikenal di kalangan para pegiat fitness (bodybuilder) karena kandungan protein alaminya yang sangat membantu dalam proses pembentukan badan.
Banyak kalangan yang menyebutkan kalau putih telur merupakan makanan luar biasa yang bebas lemak dan kolesterol—berbeda dengan kuning telur yang sarat dengan keduanya.
Rata-rata, kandungan protein di dalam putih telur per butirnya ialah 6 gram. Kandungan lainnya yang terdapat dalam putih telur seperti vitamin A, D, E, K, B2, B5, B9, dan juga B12.
Putih telur juga mengandung asam amino yang sangat bermanfaat dalam pemulihan otot. Konsumsi putih telur secara rutin juga dipercaya dapat mengurangi pembekuan darah dan proses peradangan.
Putih telur sangat kaya protein, bebas lemak dan kolesterol (berbeda dengan kuning telur). Kandungan protein ini sangat bermanfaat sebagai zat pembangun didalam tubuh. Tak heran, banyak olahragawan yang memanfaatkan putih telur ini sebagai makanan wajib.
Putih telur juga mengandung sejumlah senyawa seperti kalium dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Protein yang terdapat di dalam putih telur sangat mudah diserap oleh tubuh.Konsumsi putih telur di pagi hari sangat membantu untuk menambah energi.Putih telur juga sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantuk proyek diet Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Kuning telur yang umumnya sangat ditakuti akan kandungan lemaknya,  sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang . Kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram,  dan merupakan sumber yang kaya vitamin A , vitamin B , kalsium, fosfor, lesitin dan zat besi . Zat besi yang ditemukan dalam kuning telur lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh. Menurut para ahli gizi, seseorang dapat makan satu butir telur setiap hari tanpa merugikan kadar kolesterol dan kadar lemak lainnya dalam tubuh. Tetapi bagi mereka yang ingin makan lebih banyak telur, Anda bisa mengurangi lemak dengan hanya makan lebih banyak putih telur. Telur puyuh juga bisa menjadi salah satu pengganti telur ayam yang lebih sehat.


















BAB III
PEMBAHASAN

1.CARA MEMBUAT MASKER PUTIH TELUR    
Cara mengolah putih telur sebagai masker yaitu dengan memisahkan putih telur dengan kuning telur ,selanjutnya campurkan putih telur dengan madu ,ataupun yughrt.
Bahan : Putih telur, Air hangat, air dingin/lelehan es.
Alat : Kapas, mangkuk kecil.
Langkah-langkah pembuatan :
Pertama,pastikan wajah dalam keadaan bersih, celupkan setengah kapas ke dalam air hangat, tekan tekan perlahan diwajah, ini berfungsi untuk membuka pori pori wajah, biarkan hingga mengering.
Lalu usapkan putih telur perlahan lahan dari bawah ke atas (untuk mengangkat kulit) hingga merata, tunggu beberapa menit hingga mengering.
Terakhir, cuci muka dengan air (tanpa facial foam /facial scrube) keringkan dengan kapas, lalu celupkan kapas kedalam air es, tekan perlahan lahan di wajah, berfungsi untuk menutup pori pori wajah.


Jika digunakan secara teratur, dapat menghilangkan bekas jerawat,mengempeskan jerawat, membersihkan wajah.
Putih telur juga dapat digunakan ke sekujur badan sebagai lulur, setelah itu bilas gunakan sabun mandi seperti mandi biasa.
Kandungan protein di dalam putih telur per butirnya ialah 6 gram. Kandungan lainnya yang terdapat dalam putih telur seperti vitamin A, D, E, K, B2, B5, B9, dan juga B12.
Putih telur juga mengandung asam amino yang sangat bermanfaat dalam pemulihan otot. Konsumsi putih telur secara rutin juga dipercaya dapat mengurangi pembekuan darah dan proses peradangan.
Putih telur sangat kaya protein, bebas lemak dan kolesterol (berbeda dengan kuning telur). Kandungan protein ini sangat bermanfaat sebagai zat pembangun didalam tubuh. Tak heran, banyak olahragawan yang memanfaatkan putih telur ini sebagai makanan wajib.
Putih telur juga mengandung sejumlah senyawa seperti kalium dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi tubuh.Protein yang terdapat di dalam putih telur sangat mudah diserap oleh tubuh.Konsumsi putih telur di pagi hari sangat membantu untuk menambah energi.Putih telur juga sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantuk proyek diet Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

2.MANFAAT UNTUK SEHARI-HARI
Selain untuk kesehatan, putih telur juga memiliki manfaat besar untuk kecantikan kaum hawa. Berikut merupakan beberapa manfaat putih telur untuk kecantikan kaum perempuan.
Mengurangi minyak
Perempuan yang cantik tentu tampil dengan wajah tak berminyak. Putih telur mengandung vitamin E yang sering digunakan untuk mengobati kulit berminyak. Cara tradisionalnya dapat dilakukan dengan mengaduk putih telur dengan bubuk cendana. Kemudian, balurkan ke wajah.
Membasmi jerawat
 Putih telur yang mengandung asam amino dan protein juga sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat di wajah. Caranya mudah saja, yakni dengan mengoleskan putih telur ke wajah dan tunggu sampai 30 menit.
Melembutkan kulit
Telur juga bisa dijadikan masker alami yang bermanfaat dalam melembutkan kulit wajah yang menjadi idaman setiap perempuan. Caranya dengan mencampurkan putih telur dengan yoghurt. Kemudian, oleskan di seluruh bagian wajah secara merata.
Karena berbagai kandungan manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, maka tak ada salahnya kalau mulai sekarang kita biasakan mengonsumsi putih telur.
Khasiat dan Manfaat Telur
Sumber tinggi protein
Telur adalah sumber yang juga terkenal kaya protein, selain kalori dan lemak. Protein adalah blok pembangun penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh juga menggunakan Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon dan zat kimia tubuh lainnya . Namun tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Artinya protein harus selalu didapatkan oleh tubuh setiap hari dari makanan, salah satunya adalah dari telur. Dengan demikian, telur bisa menjadi pengganti yang baik bagi yang sedang mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan berlebih .
Sumber vitamin penting
Nutrisi penting lainnya yang berlimpah dalam telur putih adalah riboflavin atau Vitamin B2. Dan bagi yang ingin tahu apa manfaat dari nutrisi ini, Riboflavin merupakan vitamin larut air yang terlibat dalam proses metabolisme penting dalam tubuh,  dan sangat diperlukan untuk fungsi sel yang normal, pertumbuhan, dan produksi energi .
Kuning telur yang umumnya sangat ditakuti akan kandungan lemaknya,  sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang . Kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram,  dan merupakan sumber yang kaya vitamin A , vitamin B , kalsium, fosfor, lesitin dan zat besi . Zat besi yang ditemukan dalam kuning telur lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh. Menurut para ahli gizi, seseorang dapat makan satu butir telur setiap hari tanpa merugikan kadar kolesterol dan kadar lemak lainnya dalam tubuh. Tetapi bagi mereka yang ingin makan lebih banyak telur, Anda bisa mengurangi lemak dengan hanya makan lebih banyak putih telur. Telur puyuh juga bisa menjadi salah satu pengganti telur ayam yang lebih sehat .
3.CARA MENGOLAH TELUR YANG BAIK
Memasak telur yang baik adalah dengan tanpa menggorengnya. Menggoreng telur justru akan banyak menghilangkan nutrisi, juga hanya akan menambah lemak buruk bagi kesehatan. Jika harus menggoreng telur, cobalah hanya menggunakan sedikit minyak dengan wajan anti lengket. Cara sehat terbaik dalam mengolah telur adalah dengan jalan merebusnya.
Cara merebus telur
Merebus telur secara konvensional pada umumnya bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara merebus telur secara utuh. Namun ini ada tips lain cara merebus telur, dimana bisa lebih cepat dan enak. Untuk membuat telur rebus yang sempurna, pecah telur dan masukkan ke dalam air mendidih, dan kemudian masak hanya elama tiga sampai 10 menit dengan api sedang . Masak telur sampai berwarna putih dan padat, namun pastikan kuning telur masih tetap lembut . Waktu memasak telur yang singkat ini akan menghasilkan telur rebus yang lembut, dengan kuning berair. Hasilnya bisa dimakan utuh , diiris , tumbuk dan bahkan ditambahkan ke dalam berbagai hidangan .


















BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN
Berdasarkan dari hasil pembahasan,maka penulis menyimpulkan bahwa telur sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari ,bukan hanya untuk di konsumsi ,tetapi bisa di gunakan untuk hal-hal lain nya seperti masker.telur juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, K, B2, B5, B9, B12,dan telur juga mengandung asam amino yang sangat bermanfaat dalam pemulihan otot.
4.2 SARAN
Adapun saran-saran yang akan penulis berikan dalam karya tulis ini supaya pembaca dapat mengetahui apa manfaat yang dapat dihasilkan oleh telur ,dan pembaca dapat menerapkan nya di kehidupan sehari-hari.













DAFTAR PUSTAKA


0 comments:

Post a Comment

pengunjung

terimakasih telah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat. Powered by Blogger.

Translate

Followers

ketik disini apa yang anda cari ?

SEPTIAN EKO SUSILO © 2008 Template by:
SkinCorner